Ø Perencanaan cabang-cabang PT yang akan dibangun
Ø Menyusun program-program baru
Ø Menempatkan pegawai sesuai kebutuhan perusahaan
Ø Menambah pegawai yang lebih produktif
Ø Mengurangi pegawai yang kurang produktif
Ø Memperkirakan modal yang dibutuhkan dan bahan baku yang
akan digunakan
RENCANA PENJUALAN STRATEGIS DAN TAKTIS
Sesuai dengan program perencanaan dan pengendalian laba,
maka rencana penjualan jangka pendek taktis (tactical short-range sales plan)
dan rencana penjualan jangka panjang strategis (strategic long-range sales
plan) harus disusun. Pada umumnya rencana penjualan jangka panjang meliputi
periode 5 atau 10 tahun, sedangkan rencana penjualan jangka pendek hanya
meliputi periode satu tahun.
Strategic long-range sales plan. Sebagai pendekatan praktis,
sebaiknya manajemen perlu membuat rencana penjualan jangka panjang. Penyusunan
rencana penjualan jangka panjang merupakn langkah awal dalam proses perencanaan
secara keseluruhan. Rencana penjualan jangka panjang biasanya disusun untuk
jangka waktu 5 atau 10 tahun, bersifat tentatif, dan dalam jumlah tahunan
(sebagai lawan dari rinci).
Tavtical short-range plan. Pendekatan umum yang digunakan
untuk jangka pendek dalam perusahaan adalah rencana penjualan jangka pendek
yang meliputi empat triwulan mendatang dan triwulan pertama dirinci kedalam
bulan. Pada umumnya rencana penjualan jangka pendek disusun berdasarkan
evaluasi dan revisi jangka pendek, sehingga pada setiap akhir bulan atau akhir
triwulan, rencana penjualan jangka pendek perlu dievaluasi dan direvisi (jika
diperlukan), kemudian ditambahkan satu periode budget yang akan datang dan
dihapuskan satu periode budget yang telah dilalui. Rencana penjualan jangka
pendek biasanya disusun dengan menunjukkan jenis produk, harga per unit, jumlah
penjualan (unit dan rupiah), dan penanggungjawab pemasaran (misalnya daerah
penjualan).
KOORDINASI TINGKAT DAN LABA
Koordinasi sangat penting bagi kelangsungan penjualan dan
laba karena tanpa koordinasi penjualan dan laba yang didapatkan tidak akan bisa
selaras atau saling bertolak belakang satu sama lain. Koordinasi yang
dibutuhkan saat ini ialah menggunakan modal seminim mungkin untuk mendapatkan
keuntungan yang sebesar-besarnya namun konsumen tetap merasa puas akan produk
yang kita jual. Mengkoordinasikan target dengan budget adalah program
terpenting untuk kelangsungan perusahaan yang lebih baik.
Team creative by :
Rindi Wijaya
Leni Widianingsih
Bimo Aji Wicaksono
Septiawan Guritno

Tidak ada komentar:
Posting Komentar