Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau
aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk
menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman,
nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat
diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan
sebagainya.
Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan
meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan
pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank
konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking,
maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri
perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank
memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet,
memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data
pribadinya.
Prinsip penerapan M-Banking
M-Banking memiliki pengertian yaitu sebuah fasilitas
perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan
fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.Dengan ada
nya M-Banking,pihak perbankan berusaha mempermudah akses para nasabahnya dalam
melakukan transaksi. Dengan adanya layanan M-Banking, nasabah bank-bank yang
telah memiliki layanan ana tentu saja tidak perlu pergi ke ATM atau kantor Bank
tersebut. Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya
baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau
dikenal dengan istilah sms banking.
Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan
Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan
informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar