Empat dasar siklus pendapatan pada aktivitas bisnis :
a. Entri
pesanan penjualan / sales order entry
Siklus pendapatan dimulai dari penerimaan pesanan dari para
pelanggan. Departemen bagian pesanan penjualan, melakukan proses memasukkan
pesanan penjualan. Dokumen yang dibuat dalam proses memasukkan pesanan
penjualan (sales order). Proses memasukan pesanan penjualan mencakup tiga tahap
:
- Menerima
order pelanggan
- Memeriksa
kemudian persetujuan kredit pelanggan
- Memeriksa
ketersediaan persediaan
- Menjawab
permintaan pelanggan
b. Pengiriman
barang / shipping
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah
memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang dinginkan
tersebut. Proses ini terdiri dari dua tahap :
- Mengambil
dan mengepak pesanan
- Mengiri
pesanan tersebut beserta dokumen pengiriman (surat jalan).
- Departemen
bagian perdagangan dan pengiriman melakukan aktivitas ini.
c. Penagihan
dan piutang usaha / billing
Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan melibatkan
penagihan ke para pelanggan dan memelihara data piutang usaha. Serta pemrosesan
informasi dan peringkasan informasi dari aktivitas pemrosesan order dan
pengiriman barang. Informasi berasal dari departemen pengiriman (jenis dan
kuantitas barang yang dikirim) dan departemen penjualan (harga penjualan). Prosesnya
:
*Penagihan ke para pelanggan
Dokumen dasar yang dibuat dalam proses penagihan adalah
faktur penjualan.
*Pemeliharaan data piutang usaha
Dua cara dasar untuk memelihara data piutang usaha : Metode
faktur terbuka: pelanggan membayar sesuai jumlah setiap faktur penjualan
dan Metode pembayaran gabungan: pelanggan membayar sesuai jumlah yang
diperlihatkan laporan bulanan.
*Pengecualian : Penyesuaian rekening dan penghapusan
d. Penagihan
kas / cash collection
Langkah terakhir dari siklus pendapatan adalah menerima
pembayaran. Yang melakukan aktivitas ini adalah kasir. Prosesnya :
- Menangani
kiriman uang pelanggan
- Menyimpannya
ke bank
Diagram:


Tidak ada komentar:
Posting Komentar